Minggu, 18 Oktober 2009

Snapshoot Kumbung Jamur Saya

Lebaran tahun ini kebetulan saya mudik ke kampung halaman saya di Jawa Tengah. Tempat dimana saya memulai usaha budidaya Jamur Kuping. Perasaan exciting untuk segera melihat sendiri perkembangan usaha tersebut sudah terasa sejak H-7, hehehehe seperti liputan mudik saja. Tapi memang cukup beralasan,karena selama ini saya hanya menerima laporan lewat telpon dan sms dari orang rumah yang mengurus budidaya tersebut.

Ketika saya pulang baglog jamur saya memang sudah 2 minggu tumbuh daun buahnya. Senang rasanya melihat jamur-jamur segar tumbuh di baglog kumbung saya. Setiap hari saya sempatkan untuk menyirami sendiri meskipun masih dalam suasana idul fitri. Benar-benar kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stress.

Untuk memperjelas cerita saya di atas, maka saya mengambil beberapa foto dari jamur kuping dan kumbung saya.





















8 komentar:

  1. Saya ingin mengetahui dimanakah anda membeli baglognya dan berapa harganya per baglog?.Apakah anda mempunyai perkiraan dengan 2.500 baglog tsb, berapa kg hasil yang diharapkan selama satu masa/perode penanaman?.
    Terima kasih.
    Subagyo

    BalasHapus
  2. Banyak sekali yang menyediakan baglog jamur pak, kebetulan saya di daerah Sruwen, Kab. Semarang, jadi saya ambil yang dekat-dekat saja. Kemaren saya beli di tetangga kampung tapi mulai sekarang sudah berhenti karena ada permasalahan dan service kurang memuaskan. Service penting bagi pebisnis jamur yang masih belajar yang meliputi kesediaan untuk membeli hasil panen dan membantu saat jamur kita terserang hama, serta memberikan garansi mengganti baglog jamur yang mati sebelum dilakukan penyobekan.

    Sekarang ini saya memesan 10.000 baglog di daerah Sodong, Mbedono deket tempatnya Syech Puji :)

    Satu baglog diharapkan bisa menghasilkan minimal 0.4 Kg jamur basah dari panen pertama sampai habis masa hidupnya. Jika lebih banyak maka keuntungan semakin besar

    BalasHapus
  3. Pak Wawan, keluarga saya dan beberapa tetangga dkampung klaten, sedang mulai budidaya jamur kuping dan tiram. Apa bisa dibantu pemasarannya atau info mengenai pengepul jamur di daerah sekitar solo-klaten-jogja?? jika bisa tolong infokan kualitas jamur yang bagaimana yg bs memenuhi standar di pengepul. info bs lewat email saya di akhiyo_02@yahoo.co.id
    Demikian, terimakasih

    BalasHapus
  4. oya lupa memperkenalkan diri saya, saya Nur Cahyono dr Klaten.

    BalasHapus
  5. @ akhiyo
    Saya di Sala3, saya mau terima jamur kuping kering, saat ini perkilonya memang lagi turun, saya terima di tempat saya 32 ribu per kilo, kalau njenengan berminat kirim email saja biar langsung saya baca
    thanks

    BalasHapus
  6. kalo kuping basah anda mo terima ga..dan di harga berapa per kg nya.. nuwun.

    BalasHapus
  7. @ Wisnu Wirawan
    Kalo basah kami tidak menerima mas, mohon maaf karena kami sudah produski cukup banyak juga untuk jamur kuping basah

    thanks kunjungannya

    BalasHapus
  8. kalo jamur kuping di kirim ke batam berapa ya harganya per kilo?

    sy mau beli nih

    BalasHapus

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet