Rabu, 29 April 2009

Ekspansi Usaha Jamur Kuping

Setelah mempunyai 1000 baglog dan merasa cocok dengan usaha ini, maka saya putuskan untuk melakukan ekspansi. Rencananya saya akan memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah saya untuk membuat kumbung.

Butuh kurang lebih dana sebesar 8 juta untuk membuat kumbung ukuran 6 x 12 m serta membeli 2500 baglog tambahan. Berhubung dana lagi tipis maka saya berniat melakukannya secara bertahap.

Saya berani memperbesar skala usaha jamur ini karena saya sudah mendapat channel untuk memasarkan panen jamur (kering) saya dengan harga yang lebih tinggi di daerah sukoharjo.

Selisih harganya yang diberikan cukup lumayan, jadi ini sedikit membantu saya untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Selain itu saya juga mempunyai 2 cadangan pembeli, meskipun harganya lebih murah akan tetapi menjamin panen saya laku untuk dijual dan tidak membusuk karena terlalu lama tidak laku.

Modal saya yang pertama mungkin sudah akan kembali dan sedikit untung malah jika panen ke-4 bulan depan berhasil. Yah... lumayan untuk tambahan menutupi kebutuhan dana yang cukup besar.

Dari hitungan kasar ekonomi, dengan modal di atas saya akan mencapai BEP dalam waktu 10 bulan, tentu saja dengan asumsi harga jamur dan jumlah panen selama 10 bulan tersebut stabil.

Rencana ke depan saya akan menjadi pengepul untuk membeli jamur basah dari petani setempat, kemudian menjualnya dalam bentuk kering. Margin yang didapat bisa mencapai 5000/kg jamur kering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet