Rabu, 08 April 2009

41 KG hasil dari panen ke-3

Sehari menjelang pemilu legislatif saya melakukan panen jamur kuping saya yang ke-3. Bukan di pas-pasin tapi memang sudah saatnya di panen. Setelah membuat janji dengan pengepul yang akan membeli hasil panen saya, jamur kuping dipetik dan dijual dalam kondisi basah.

Jumlahnya masih dibawah dari panen pertama, tapi sudah lebih baik dari yang ke-2. Masalah hama sudah teratasi akan tetapi karena saya masih memanfaatkan gudang di rumah saya maka sirkulasi udara masih kurang terjaga dengan baik. Idealnya budidaya ini dilakukan di rumah jamur yang terbuat dari kayu atau bambu. Nah sirkulasi udara ini memberikan efek yang cukup signifikan untuk pembentukan tubuh buah dari jamur. Intinya kalo sirkulasi kurang berat hasil panen juga tidak seperti yang diharapkan.

Dari panen kali ini saya mendapat 254 ribu. Total perolehan dari 3 panen yang sudah saya lakukan adalah sebesar 720 ribu. Modal untuk usaha coba-coba ini 800 ribu, sehingga panen bulan depan diharapkan sudah bisa memetik keuntungan.

Sebenarnya dari panen ke-3 ini sudah bisa dipakai dasar perhitungan untuk usaha dengan kapasitas yang lebih besar. Dari perhitungan kasar saya, untuk membuat rumah jamur dengan kapasitas 5000 bag log jamur diperlukan biaya kurang lebih 2 juta, dengan catatan tanah sudah milik sendiri. Untuk 5000 baglog dibutuhkan biaya 7,5 juta. Ditambah biaya lain-lain total modal mencapai 10 juta.

Dengan pendapatan panen sekitar 2 juta/bulan maka dalam 5 bulan sudah bisa balik modal. Anda berminat silahkan di coba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet