Sabtu, 21 Maret 2009

Panen Pertama Bisnis Jamur Kuping

Alhamdulillah tanggal 5 februari kemaren usaha saya di bidang pertanian sudah menuai hasil, Jamur saya sudah genap berusia sebulan dan bisa dipanen, hasilnya cukup lumayan, karena melebihi dari harapan saya.


Sejak saya beli bibitnya, saya masih harus menunggu kurang lebih sebulan sampai baglog jamur tersebut siap di silet untuk menumbuhkan jamur. Setelah tahap itu saya masih harus menunggu satu bulan untuk bisa memanen. Baru satu sisi yang sudah siap ditumbuhkan sehingga dari perhitungan saya panen pertama akan mendapat hasil kira-kira 25 Kg jamur kuping basah, tapi kenyataannya kemaren saya bisa panen 46 Kg. hampir dua kali lipat dari prediksi saya.

Untuk panen kedua nanti mungkin jumlahnya bisa lebih dari sekarang karena dua sisi dari baglog sudah siap ditumbuhi oleh jamur. Semoga demikian dan saya bisa kembali modal lebih cepat. Rencananya saya mau menggunakan hasil dari usaha ini untuk menambah jumlah baglog jamur saya. Saat ini saya baru mempunyai 500. Jumlah yang sangat kecil namun untuk tahap pemula cukup saya rasa.
Sekarang ini saya masih menggunakan gudang di rumah saya untuk tempat budidaya jamur. Kedepannya saya ingin mempunyai sebuah tempat khusus untuk budidaya jamur yang bisa menampung 10.000 baglog jamur. Lengkap dengan alat untuk menjaga kelembaban udaranya.

Anda berminat untuk terjun ke agrobisnis budidaya jamur kuping? Silahkan contct saya, saya bersedia membantu dan sharing pengalaman...

12 komentar:

  1. wah bisa cerita lebih lanjut persiapan dan cara pemeliharaannya mas....saya lagi ada rencana nih bertani jamur .thx

    BalasHapus
  2. @ Mitra Multimedia
    Silahkan simak terus update dari blog ini, thanks
    kalau ada yang kurang jelas bisa kirim pertanyaan lewat email

    BalasHapus
  3. saya baru belajar jamur kuping, saya msh binggung dg tumbuhnya jamur kuping itu???

    BalasHapus
  4. saya ingin belajar lagi, kita bisa berbagi pengalaman??? alamat Anda dimana??? truz pemasarannya kemana sj?? kesulitan apa yang Anda alami dl proses budidaya jamur pada awal2nya?? taimakacih sebelumnya.

    BalasHapus
  5. alamat Anda dimana kita bisa berbagi pengalaman?????

    BalasHapus
  6. @selva
    Silahkan simak blog ini dari awal sampai akhir, sudah banyak mengulas mengenai kesulitan-kesulitan yang saya alami, demikian juga dengan pemasarannya

    Alamat budidaya saya di Krakal Mukti, Sruwen Tengaran Kab. Semarang, RT 25/VIII

    BalasHapus
  7. buat yg mau memulai usaha budiday jamur tiram dan jamur kuping akami menyediakan bibit f1 dan f2, modul panduan, cd budidaya.
    klik http://jamur-serasan.blogspot.com
    buat admin blog, trims y

    BalasHapus
  8. bagaimana cara dasar budidaya jamur kuping

    BalasHapus
  9. gan, mohon almat dan no.hp agan , mohon dkirim ke almt email :tommy.rifada@yahoo.com

    BalasHapus
  10. bs hubungi dmn ya...??? ini email saya dkjatmika@gmail.com

    BalasHapus
  11. mas kalo d daerah bandung dmana beli bibit nya tuh...

    BalasHapus
  12. dear mas,

    mau tanya klo limbah dari serbuk gergaji selain bisa di buat pupuk bisa di olah apalagi ya, mungkin mas ada pengalaman.. thx

    NB: om saya baru mulai budidaya jamur kuping, produksi pertama baru di mulai minggu ini sekitar 5000 baglog

    BalasHapus

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet