Jumat, 22 Mei 2009

Ternyata 500 baglog saya cukup mengecewakan

Masih berlanjut kesulitan saya dalam mengelola budidaya jamur, setelah hama yang menyebabkan panen jeblog sekarang saya kembali dihadapkan dengan masalah yang lumayan serius. Bahkan saya terancam tidak balik modal, untuk baglog saya yang ke-2. Kenapa bisa begitu???

Begini ceritanya, 500 baglog ke2 saya ambil dari produsen yang berbeda. Semula saya mengira baglog ini akan lebih bagus dari 500 baglog yang pertama. Karena sejak beli sudah tumbuh miselium 50%, sehingga asumsinya akan cepat menghasilkan dan kemungkinan gagal tumbuh juga kecil.

Tapi semua tidak sesuai dengan dugaan saya, baglog saya tumbuh tidak wajar, karena sempat kena hama, panen pertama gagal total dan sekarang ini jamur yang tumbuh tidak seragam dan tidak bisa besar-besar. Alhasil panen tidak bisa serentak dan hasil timbangan panennya juga tidak banyak.

Sejak februari 2009 saya baru memperoleh panen 10 kg sehingga masih jauh dari BEP. Paling tidak saya masih punya harapan sampai nanti baglog saya ini sudah tidak bisa menumbuhkan jamur. Kalopun rugi paling tidak jangan banyak-banyak. HEHEHEHEHEHe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet