Senin, 15 Februari 2010

Budidaya Jamur Kuping 10.000 Baglog Siap Dimulai

Akhirnya setelah sempat tertunda beberapa bulan lamanya, saya berhasil menggenapi kekurangan 2500 baglog jamur kuping. Pepatah ada uang ada barang nampaknya tidak berlaku disini, karena baglog jamur kuping menjadi langka dan antrian pembelian pun sangat panjang. Bayangkan dari pesan sampai baglog tertata di kumbung minimal memerlukan waktu 2 bulan. Itupun untuk kondisi baglog yang baru secara tipis-tipis ditumbuhi miselium di salah satu ujungnya.

Ini menjadikan pengalaman bagi saya untuk bagaimana ke depannya secara lebih cermat menjadwalkan pemesanan baglog. Jika tidak maka kumbung akan menganggur selama beberapa bulan tanpa menghasilkan apa-apa. Kerugian akan semakin bertambah jika tanah tempat berdirinya kumbung merupakan tanah sewaan seperti pengalaman saya sekarang.

Alhamdulillah sisa 2500 baglog jamur kuping ini maju satu bulan dari prediksi awal Maret 2010 menjadi awal Februari 2010. Sebenarnya tidak hanya 2500 baglog yang saya pesan. Saya putuskan juga untuk mengganti 2500 baglog jamur kuping saya yang sudah 5 kali saya panen. Berdasarkan perhitungan ekonomi, lebih menguntungkan jika saya mengganti baglog baru daripada mempertahankan baglog yang lama. Jumlahnya pun saya tambah menjadi 3000 baglog. Hal ini untuk memaksimalkan kapasitas kumbung yang masih bisa menampung tambahan 500 baglog.

Setelah kumbung dikosongkan dan dibersihkan maka selanjutnya adalah dilakukan sterilisasi dengan menggunakan formalin. Tujuannya agar kondisi kumbung terbebas dari sisa-sisa mikroorganisme yang bisa menjadi hama pada pertumbuhan jamur kuping nantinya. Maklum kondisi yang selalu lembab rentan sekali terhadap hama.

Kembali ke judul, rencananya hari Sabtu 20 Februari 2010 ini dilakukan penyobekan 7500 baglog yang sudah datang lebih dulu. Karena memang sudah seluruh permukaan baglog ditumbuhi miselium. Menurut perkiraan 2500 baglog sisanya sudah bisa di sobek ketika panen jamur kuping yang pertama dilakukan, sehingga periode kedua nanti sudah 10.000 baglog yang siap tumbuh.

Informasi harga sedikit mengalami kenaikkan sepertinya, Yah semoga saja demikian. Dengan harga lebih tinggi maka balik modal nya pun juga cepat. Dan jika lancar maka keuntungan dalam satu periode budidayanya pun akan jauh lebih tinggi.

Sedikit memberikan penawaran bantuan ke teman-teman pembaca, jika mengalami kesulitan dalam memperoleh baglog jamur kuping bisa kontak saya via email. Akan saya bantu memberikan no hape dari penyedia baglog yang cukup mumpuni. Tawaran ini gratis karena memang saya hanya mau share saja.

Oh iya jika ada yang merasa berbeda dari tampilan blog ini berarti Anda sangat perhatian. Mohon maaf jika ada yang sedikit menggangu dari tampilannya, tapi dengan lokal adsense saya harapkan ada pemasukkan tambahan dari blog ini. Dan pada akhirnya akan mendukung blog ini bertahan

Terima kasih kunjungannya.

1 komentar:

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet