Rabu, 13 Januari 2010

Perkembangan Kumbung Jamur Kuping Kapasitas 10.000 Baglog

Awal Desember 2009 ini pesanan baglog jamur kuping saya sudah datang sebagian. Karena kumbung sudah jadi lama dan sudah dilakukan sterilisasi sebelumnya maka baglog bisa langsung ditata. Sejumlah 7500 baglog yang sudah datang memang belum ditumbuhi banyak miselium, baru terlihat samar-samar di leher baglog.

Sedikit bercerita kenapa yang datang baru 7500 baglog tidak langsung 10.000 sesuai pesanan saya. Saya sengaja memecah pesanan saya untuk menambah pemasaran hasil panenya kelak. Masing-masing produsen baglog memberikan layanan untuk menerima hasil panen kita, jadi semakin banyak yang mau menerima hasil panen kita akan semakin bagus. Apalagi yang baru datang ini saya ambil dari luar kota, sehingga sedikit beresiko jika ternyata pada hari yang dijanjikan pengepul tidak datang, padahal sudah terlanjur di panen.

Memang sih masih bisa dikeringkan, tapi ini butuh proses lebih lanjut dan sekarang ini harga jamur kuping kering masih jatuh. Bisa-bisa malah rugi jika dijual kering. Untuk 2500 baglog yang lain saya pesan di produsen baglog dekat rumah saya. Ternyata ada yang produksi juga, jadi ya sekalian memajukan ekonomi kerakyatan di sekitar rumah, hehehehehe kayak Sri Mulyani saja ngomongnya.

Rencananya akhir bulan ini, Januari 2010, sisa 2500 baglog yang saya pesan datang dan sudah dalam kondisi ditumbuhi miselium full. Karena produsen kedua ini hanya mau menjual baglog yang sudah cukup panjang miseliumnya. Alasannya sih simpel, beliau tidak mau repot dengan baglog yang gagal yang sebenarnya diakibatkan oleh kesalahan pemilik dalam menumbuhkan miseliumnya. Saya sih setuju-setuju saja yang penting jika masih gagal masih tetap diganti sebagai garansinya.

Sementara itu dulu yang bisa dishare mengenai perkembangan kumbung jamur kapasitas 10.000 baglog. Terima kasih yang telah menyimak sejak dari awal, yang sudah mengirimkan email dan yang sudah chat di YM. Mohon maaf belum semuanya bisa terbalas karena kesibukan saya di tempat kerja dan semoga Anda mau bersabar.

2 komentar:

  1. Salam kenal,..........
    saya baru berpikir untuk memulai usaha jamur kuping. modal yang dibutuhkan untuk budidaya jamur kuping dengan kumbung ukuran 10.000 log, mulai dari pembuatan kumbung, rak, sampai baglog dan biaya lain kira2 habis berapa?
    terus tingkat keuntungannya kira-kira seberapa pak?
    terima kasih...

    BalasHapus
  2. Saya total habis 28 juta pak, karena saya masih sewa dan log juga masih beli dari orang lain
    Harapannya sih keuntungan bersih per periode panen mencapai 5 juta, semoga tidak jauh meleset dari perkiraan, syukur-syukur bisa lebih

    BalasHapus

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet