Rabu, 13 Januari 2010

Panen Jamur Kuping Ke-4 dari Kumbung 2500 Baglog

Alhamdulillah saya sudah berhasil melakukan panen jamur kuping yang ke-4, meskipun jauh dari yang diharapkan. Kalau Anda membaca postingan sebelumnya saya memasang target sebesar 200 kg jamur kuping basah untuk panen ke-4, namun hasil yang didapatkan hanya sebesar 134 Kg.

Saya belum tahu pasti penyebab pastinya kenapa bisa turun sampai setengahnya. Yang pasti bukan karena serangan hama, seperti sebelumnya. Informasi yang saya dapatkan memang panen kali ini jamur kupingnya lebih tipis dari sebelumnya. Wajar sih karena memang nutrisi didalam baglog yang sudah mulai berkurang drastis. Ini terlihat jelas dari kondisi baglog yang sudah menyusut (kisut-red).

Harga jual dari hasil panen kali ini juga belum beranjak dari angka 5 ribu per kg nya. Saya dapat informasi dari pengepul bahwa untuk panen ke-4 sampai dengan ke-6 jangan menunggu sampai sebulan karena hasilnya kurang begitu bagus. So informasi ini patut dicoba untuk panen berikutnya, meskipun saya harus mengatur ulang jadwal pemesanan baglog berikutnya.

Dari total 4 kali panen tersebut Alhamdulillah saya sudah menagguk keuntungan yang cukup lumayan. Lebih dari 20% dari modal pembelian baglog. Untuk jangka waktu 5 bulan hasil tersbut sudah jauh lebih baik daripada modal kita parkir di bank.

Untuk panen ke-5 target yang saya tetapkan hanya sebesar 100 kg saja. Mengingat target ke-4 yang meleset jauh menurut saya target 100 kg sudah cukup realistis. Semoga panen ke-5 lebih menggembirakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet