Minggu, 21 Maret 2010

Panen Jamur Kuping dari 7500 Baglog yang Pertama

Setelah kurang lebih enam bulan sejak pertama kali proyek ini dibuat, maka pada tanggal 20 Maret 2010 kemaren panen jamur kuping yang pertama berhasil dilakukan. Sebagaimana saya tuliskan pada postingan sebelumnya bahwa proyek ini banyak sekali rintangannya. Bahkan seharusnya tidak sampai enam bulan untuk melakukan panen yang pertama.

Alhamdulillah hasil panennya masih sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sebagaimana biasa. Untuk panen sampai dengan yang ketiga, diharapkan setiap 1000 baglog menghasilkan 100 kg jamur kuping basah. Dan panen kali ini tidak lebih tidak kurang sebanyak 750 kg jamur kuping basah.

Yang menarik kali ini adalah harga jual jamur kuping basah yang naik tajam. Sebesar 25 % dari harga jual sebelumnya yang masih sebesar Rp. 5000/ kg. Baru kali ini saya menjual dengan harga tertinggi per Kg-nya, yaitu sebesar Rp. 6.250/ kg. Tentu saja ini mempercepat balik modal pembelian baglog.

Bahkan hasil panen saya ini jadi rebutan para tengkulak, karena informasinya jamur kuping basah susah diperoleh. Mungkin karena musim penghujan yang lagi deras-derasnya sehingga tidak banyak petani yang sudah mulai budidaya. Dan justru ini menambah berkah bagi saya.

Untuk 5500 baglog berikutnya akan di panen rencananya pada tanggal 6 April 2010, genap satu bulan dari penyobekan baglog yang pertama. Sekian dulu update budidaya jamur kuping saya, terima kasih yang sudah banyak menyimak dari awal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet