Minggu, 05 Juli 2009

Kalau Panen Jamur Kuping Tidak Bisa Bersamaan Jual Kering Saja

Kabar baik bagi petani Jamur Kuping sepertinya bakal berlanjut. Barusan saja saya dapat sms dari kakak saya dirumah kalau Jamur Kuping kering saya sudah terjual. Harganya juga mengalami kenaikkan Rp. 1000/Kg kering menjadi Rp. 33.000/Kg. Tentunya hal ini membawa angin segar bagi petani jamur, terutama bagi mereka yang hasilnya masih sedikit.

Saya sendiri saat ini masih mengalami kesulitan, dimana 500 baglog baru saya tidak bisa tumbuh dengan seragam. Alhasil memerlukan perhatian ekstra untuk menentukan apakah jamur kuping tersebut sudah layak dipanen apa belum.

Saya sendiri belum tahu pasti penyebabnya. Yang jelas panen saya tidak bisa dijadwalkan. Seminggu sekali pasti ada yang dipetik tapi memang tidak banyak. Karena pengepul hanya mau untuk membeli jamur basah minimal 50 Kg, maka saya mensiasatinya dengan mengeringkan jamurnya. Butuh sedikit tenaga ekstra untuk menjemur jamur hasil panen di bawah terik matahari. Tidak ada pilihan lain untuk menyelamatkan panen dan investasi saya.

Hari ini saya sudah menjual jamur kering saya. Memang sengaja sebelum pemilu, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi setelah Pemilu 8 Juli 2009. Harapannya siy aman-aman saja sehingga tidak berefek pada usaha Jamur saya

Nah jadi buat petani yang mengalami masalah yang sama dengan saya, jangan khawatir lagi sekarang. Tinggal keringkan saja hasil panen hari ini, simpan sambil menunggu yang lain siap panen. Kalau sudah dianggap banyak dijual saja ke pengepul

Selamat Mencoba

4 komentar:

  1. terima kasih udah berbagi informasi mas, salam kenal. ;)

    BalasHapus
  2. mas untuk harga jamur kuping saat ini berapa y? saya lg nyari petani jamur kuping untuk wilayah jogja untuk saya kirim ke luar jawa. klo masnya ada di daerah mana? salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kerjasama dengan saya mas.. yoshitsunu@yahoo.com
      saya di solo.

      Hapus
  3. mas .. apa ada info harga jamur kuping kering saat ini >>>?? posisi saya di malang .. Onny.. masoyt@gmail.com

    BalasHapus

 

Home Design Idea | Home Furniture | Gadget News | Daily Architecture | Buy Cheap Tablet